Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi

Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi - Anda tidak memerlukan penggorengan mewah untuk membuat donat sendiri: Yang dibutuhkan hanyalah sedikit kesabaran, tangan yang mantap, dan ketepatan waktu.

Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi
Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi

Bahan Dasar dalam Membuat Donat

Donat membutuhkan bahan penting yang sama seperti kue: Tepung, gula, mentega, telur, dan garam, ditambah susu, buttermilk, air, atau bahkan sari apel, digabungkan untuk membentuk adonan yang lembab dan ringan yang menghasilkan struktur donat yang secara tradisional lembut. Donat — terutama yang dibentuk menjadi kembung, berbentuk cincin — juga bisa dibuat dari adonan beragi, termasuk zat pengembang seperti baking powder atau ragi.

3 Jenis Topping Donat

Topping dapat menambah warna, tekstur, dan rasa pada donat apa pun. Taburan seperti kacang-kacangan dan taburan menambahkan komponen tekstur pada makanan penutup yang lembut, sementara glasir dan gula dapat menambah lapisan rasa manis dan warna. Ada berbagai macam topping donat untuk dipilih:

  1. Gula bubuk dan gula pasir cocok untuk pembuat donat pemula yang lebih menyukai topping sederhana dan lugas. Gula kayu manis adalah salah satu topping donat yang paling mudah dibuat dan diaplikasikan: Cukup masukkan donat yang baru digoreng ke dalam mangkuk besar berisi campuran ½ cangkir gula putih dan satu sendok makan kayu manis bubuk, atau taburkan campuran tersebut banyak-banyak di atasnya. Bereksperimenlah dengan gula zested atau bumbu lain seperti kapulaga bubuk.
  2. Glazes adalah salah satu topping donat paling populer: Lapisan tipis pernis manis menambahkan sedikit rasa manis dan rasa pelengkap pada adonan, meningkatkan tampilan donat secara keseluruhan. Gunakan glasir klasik dengan glasir maple atau cokelat atau gunakan glasir untuk bereksperimen dengan rasa yang lebih kompleks seperti bunga jeruk atau air mawar, kulit jeruk, bahkan cabai. Untuk lapisan yang optimal, tunggu hingga donat mendingin hingga mencapai suhu ruangan. Membiarkan donat menjadi dingin akan membantu glasir menempel pada permukaan donat, bukannya meleleh atau menjadi terlalu encer.
  3. Taburan seperti taburan, potongan bacon, kacang-kacangan, kelopak bunga, buah kering, atau kulit jeruk manisan menambah tekstur dan rasa tambahan pada donat berlapis kaca.

Resep Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi
Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi
Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi

Bahan

Topping Remah

1 sendok makan gula merah

1 sendok makan gula pasir

1/4 sendok teh kayu manis

2/3 cangkir tepung serbaguna

3 sendok makan almond cincang (opsional)

1/8 cangkir mentega tawar, lelehkan.

Donat

1 cangkir tepung serbaguna

1/2 cangkir gula merah muda, dikemas

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh baking powder

1/2 cangkir Krim Asam Penuh Lemak

3 sendok makan Buttermilk

2 1/2 sendok makan mentega, lelehkan

1 telur ukuran besar, suhu ruangan

Vanilla Glaze

1/2 cangkir gula pasir

1/2 sendok makan susu murni

1/2 sendok teh ekstrak vanili

Langkah-langkah:

  • Panaskan oven hingga 350 ° dan semprot loyang donat dengan semprotan masak anti lengket.

Topping Remah

  • Dalam mangkuk kecil campurkan 1 sendok makan gula merah, 1 sendok makan gula pasir, 1/4 sendok teh. kayu manis, almond, dan 2/3 cangkir tepung serbaguna. Campur dengan baik. Tambahkan 1/8 cangkir mentega cair tawar. Campur dengan jari hingga rapuh.
  • Pinggirkan.

Donat

  • Dalam mangkuk ukuran sedang tambahkan 1 cangkir tepung serbaguna, 1/2 cangkir gula merah muda, dikemas, 1/2 sendok teh garam, 1 sendok teh baking powder. Gunakan pengocok kawat untuk menyatu.
  • Tambahkan ke adonan kering, 1/2 cangkir krim asam lemak penuh, 2 1/2 sendok makan mentega cair, 1 telur besar, dan 3 sendok makan buttermilk.
  • Campur semua bahan dengan hati-hati, hati-hati jangan sampai tercampur berlebihan.
  • Tempatkan adonan donat ke dalam kantong plastik ziplock besar. Gunting sudut bawah dan masukkan adonan ke dalam loyang donat yang sudah disiapkan.
  • Taburi setiap donat dengan 1 1/2 sendok makan taburan remah.
  • Panggang pada suhu 350 ° selama 10-11 menit atau sampai berwarna cokelat muda.
  • Jika adonan telah menutupi lubang di loyang ambil pisau mentega dan dorong kembali adonan dengan hati-hati ke arah donat saat berada di loyang.
  • Biarkan donat mendingin di loyang selama 10 menit.
  • Angkat donat dari loyang dan letakkan di rak pendingin. Biarkan dingin sampai setidaknya suam-suam kuku.

Taburi dengan Vanilla Icing.

Vanilla Icing

  • Campur 1/2 cangkir gula halus dengan 1/2 sendok makan susu murni dan 1/2 sendok teh ekstrak vanili. Aduk hingga halus dan lembut. Taburkan di atas donat dingin.

Demikianlah resep Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Tanpa Ragi yang mudah dan cepat dipraktekkan.