Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Memasak Nasi yang Sempurna

Artikel ini memberikan tips berguna untuk mencapai keseimbangan sempurna saat memasak nasi

Cara Memasak Nasi yang Sempurna  -- Nasi dapat dimasak dengan 3 metode, yang masing-masing membutuhkan proporsi air yang berbeda. Metode ini yaitu merebus, yang membutuhkan air 12 kali lebih banyak dari beras; metode Jepang, yang membutuhkan 5 kali lebih banyak; dan mengukus, yang membutuhkan 2-1/2 kali lebih banyak. Metode mana pun yang digunakan, bagaimanapun, harus diingat bahwa butiran beras, ketika dimasak dengan benar, harus utuh dan berbeda. Untuk memberi mereka bentuk ini dan mencegah nasi terlihat pucat, sereal ini tidak boleh terlalu banyak diaduk saat dimasak atau dimasak terlalu lama.

Cara Memasak Nasi yang Sempurna
Cara Memasak Nasi yang Sempurna

Cara Memasak Nasi yang Sempurna

NASI REBUS 

Merebus adalah cara yang paling sederhana dan paling umum dilakukan. Nasi yang direbus dengan benar tidak hanya membentuk hidangan yang bernilai itu sendiri, tetapi juga merupakan dasar yang sangat baik untuk hidangan lain yang dapat disajikan pada makanan apa pun. 

Air rebusan beras jangan sampai terbuang percuma, karena banyak mengandung zat gizi. Air ini dapat digunakan dalam pembuatan sup atau saus, atau bahkan dapat digunakan untuk memasok cairan yang dibutuhkan dalam pembuatan roti ragi.

Bahan: 

1 cup. Beras ; 3 sdt. Garam; 3 qt. air mendidih

Langkah-langkah:

  1. Cuci beras dengan hati-hati dan tambahkan ke air asin mendidih. 
  2. Rebus dengan cepat sampai air mulai tampak seperti susu karena pati yang keluar dari beras ke dalam air atau sampai sebutir biji dapat dengan mudah dihancurkan di antara jari-jari. 
  3. Tiriskan nasi yang dimasak melalui saringan, lalu tuangkan air dingin ke atas nasi di saringan, untuk membersihkan pati yang lepas dan biarkan setiap butir berbeda. 
  4. Panaskan kembali nasi dengan mengocoknya di atas api, dan sajikan panas dengan mentega, saus, atau krim atau susu dan gula.

NASI JEPANG 

Nasi yang disiapkan dengan metode Jepang dapat digunakan dengan cara yang sama seperti nasi rebus. Namun, kecuali jika digunakan untuk membuat cairan dari nasi rebus, metode Jepang memiliki keuntungan menjadi cara yang lebih ekonomis untuk memasak sereal ini.

Bahan:

1 c. Nasi ; 1-1/2 sdt. Garam; 5c. air mendidih

Langkah-langkah:

  1. Cuci beras, tambahkan ke air asin mendidih, dan didihkan perlahan selama 15 menit. 
  2. Kemudian tutup alat yang digunakan untuk memasak nasi dan masukkan ke dalam oven selama 15 menit lagi, agar airnya lebih banyak menguap dan membuat butirannya lembut tanpa menjadi lembek.
  3. Sajikan dengan cara yang sama seperti nasi rebus.

NASI KUKUS 

Untuk mengukus nasi membutuhkan lebih banyak waktu daripada salah satu metode memasak sebelumnya, tetapi tidak menyebabkan hilangnya bahan makanan. Kemudian juga, kecuali nasi diaduk terlalu banyak saat dikukus, tampilannya akan lebih baik daripada nasi yang dimasak dengan metode lain. Seperti halnya nasi rebus, nasi kukus dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai hidangan dan dapat disajikan dalam makanan apa pun.

Bahan:

1 c. Nasi; 1-1/2 sdt. Garam 2-1/2 c. air

Langkah-langkah:

  1. Cuci beras dengan hati-hati dan tambahkan ke air asin mendidih. 
  2. Masak selama 5 menit lalu masukkan ke dalam double boiler dan biarkan masak sampai lunak. 
  3. Tutup alat masak dan jangan mengaduk nasi. 
  4. Sekitar 1 jam akan diperlukan untuk memasak nasi dengan cara ini. 
  5. Sajikan dengan cara yang sama seperti nasi rebus.

Akhir Kata

Demikian informasi dari kami mengenai Cara Memasak Nasi yang Sempurna. Semoga bemanfaat bagi anda semua.